Presiden Minta Seluruh Negara Pulangkan Koruptor Indonesia

Posted: 27 November 2012 in berita

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan kepada seluruh negara di dunia untuk bekerja sama dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Tanpa ada kerja sama, pemberantasan korupsi tidak akan efektif.

Presiden memberi contoh jangan ada perlindungan terhadap koruptor yang kabur dari negaranya. Pemerintah yang negaranya dijadikan tempat berlindung harus mau mengembalikan koruptor itu ke negara asal berikut dengan aset yang dibawa.

Presiden mengatakan, Indonesia telah serius dalam pemberantasan korupsi. Namun, nyatanya langkah itu terkendala lantaran para koruptor kemudian kabur ke luar negeri dengan membawa hasil korupsi.

“Praktiknya kalau Indonesia berteriak ada buron kami yang hampir pasti bawa uang ratusan miliar rupiah, tinggal di sebuah negara, mestinya tidak boleh ada halangan untuk membawa pulang buron itu, membawa kembali aset Indonesia yang dibawa kabur,” kata Presiden ketika menerima 60 pimpinan lembaga antikorupsi dari 30 negara di Istana Negara, Jakarta, Selasa (27/11/2012).

Dari Indonesia diwakili oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad dan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. Hadir pula jajaran menteri dan pimpinan lembaga penegak hukum, yakni Kepala Polri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, Jaksa Agung Basrief Arief, dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono.

Presiden mengatakan, setiap negara memang mempunyai aturan ketika menangani warga negara asing yang terlibat tindak pidana. Hanya saja, aturan itu tidak boleh menghalangi semangat pemberantasan korupsi di negara lain.

Selain itu, Presiden juga mengingatkan perlunya kerja sama untuk melacak aliran dana hasil korupsi yang masuk ke luar negeri. Presiden menilai Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) selama ini telah aktif memonitor transaksi keuangan yang mencurigakan.

“Saya berharap acara tiga hari ini, saudara bisa berbagi pengalaman, pikiran-pikiran yang penting untuk semuanya meningkatkan kinerja. Kerja sama internasional dalam pemberantasan korupsi sangat penting,” kata Presiden.

sumber : http://nasional.kompas.com/read/2012/11/27/18253274/Presiden.Minta.Seluruh.Negara.Pulangkan.Koruptor.Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s