Harvest moon back to nature versi Bahasa Indonesia

Posted: 21 February 2013 in permainan

1

Harvest moon back to nature versi Bahasa Indonesia

Hy semuanya pasti dah tau kan tentang game yang satu ini yaitu Harvest moon back to nature versi bahasa indonesia nah bagi yang belum tau aq bakal kasih tau gambaran tentang game satu ini.

Harvest Moon: Back to Nature

Pengembang : Victor Interactive Software, Natsume Inc.

Penerbit : Natsume.

Genre : Simulasi Kehidupan.

Sistem : Playstation.

Pemain : 1 orang.

Memory Card : 4 blok.

Rating : Semua Umur.

Tahun : 2000

Apa itu Harvest Moon?

Sebagian besar dari kalian semua pasti sudah mengenal atau minimal pernah mendengar nama Harvest Moon. Harvest Moon adalah game simulasi kehidupan yang dikeluarkan Natsume di sistem Nintendo. Permainannya lain dari pada yang lain; karena game ini bukan mengenai petualangan melawan kekuatan jahat, bertempur dengan monster atau berkeliling dunia berbekal senjata pedang, perisai, baju baja, item magis, dll. Permainan dalam Harvest Moon berkutat pada mengelola peternakan/pertanian; mulai dari mencangkul ladang, menanam serta menyirami bibit tumbuhan, memetik buah, mengumpulkan telur ayam, memerah susu sapi, menculur bulu domba, mengendarai kuda dan tentu saja bersosialisasi dengan penduduk lainnya dalam festival, lomba dan sebagainya; dengan berbekal pacul, sabit, alat penyiram, alat pemerah susu, sikat bulu dan kantong biji. Seri yang unik ini berhasil menjadi hit dan terus berkembang dengan konsep yang semakin revolusioner. Seri Harvest Moon : Back to Nature yang dikeluarkan untuk konsol Playstation di tahun 2000 ini mungkin adalah seri Harvest Moon yang tersukses dan terbaik. Pasalnya, walau sekarang sudah banyak game Harvest Moon baru di konsol yang lebih canggih dengan desain lebih modern pula, masih sangatlah sulit untuk menggeser posisi game Harvest Moon : back to Nature ini dari hati penggemar. Kenapa, ya ?

Masa Kecil yang indah… Liburan Musim Panas di Peternakan Kakek…

Tokoh utama dalam game ini (untuk seterusnya disebut Jack demi mempermudah), karena kesibukan orang tuanya, harus menghabiskan liburan musim panas dimasa kecilnya dengan bermain di peternakan kakeknya. Kakeknya juga sangat sibuk dengan pekerjaannya sebagai petani sekaligus peternak, sehingga tidak bisa menemani Jack bermain disana; tapi kakeknya mengijinkan Jack bermain sendiri dan tinggal sesuai keinginannya. Jack kecil pun bermain-main : mengendarai kuda (akhirnya jatuh), mengejar-ngejar ayam (akhirnya dikejar balik) dan banyak lainnya. Ketika lelah bermain, Jack pergi ke padang rumput untuk berbaring sejenak. Saat itu terdengar suara nyanyian yang indah; ternyata seorang gadis kecil seumuran Jack sedang bernyanyi di situ. Tak lama mereka berteman dan bermain bersama setiap hari. Ketika tiba waktunya bagi Jack untuk pulang, gadis itu merasa sedih. Dia meminta Jack berjanji untuk kembali ke sini suatu saat nanti…

Bertani… Beternak… Bahkan Bertambang… Bukan Hal Mudah!

Bertahun-tahun berikutnya, Jack kembali ke Mineral Town, tempat peternakan/ pertanian kakeknya dulu. Sepeninggal kakeknya, lahan disana sudah lama tidak diurus; gersang, kotor, rumput liar di mana-mana. Mayor kota menjelaskan pada Jack bahwa untuk menjadi pewaris lahan pertanian yang diakui di desa/kota ini, Jack harus bekerja keras membuat tanah ini kembali subur dan sukses seperti dulu : penuh hasil panen, telur, susu dan hasil hutan. Jika Jack tidak bisa mencapai target dalam 3 tahun, maka Jack harus pergi… Begitulah, sebagai Jack di tanah pertanian di rumah kecil dengan peralatan seadanya, uang 500 G serta seekor anjing (nama karakter, pertanian, anjing dan sebagainya kamu buat sendiri); harus bekerja keras. Di dalam rumah kamu bisa menonton TV, menyimpan perkakas, serta barang-barang lainnya. Untuk hari-hari pertama kamu bisa mulai dengan berkeliling kota (mayor akan memandumu jika mau); berkenalan dengan berbagai orang.

Banyak terdapat keluarga kecil seperti keluarga Tukang Pandai Besi, Penjual Wine, Penjaga Perpustakaan, Pengurus Penginapan, Penjual di Supermarket, Pastor di Gereja, Peternak Ayam, Peternak Sapi, Tukang Kayu dan seterusnya. Menjalin hubungan yang baik dengan semua orang adalah salah satu langkah untuk tetap bisa tinggal di desa/kota ini. Tapi sebagai petani yang baik, tentu saja kamu harus mulai dengan membeli beberapa bibit tanaman di Supermarket. Bibit-bibit hanya bisa ditanam pada musim yang tepat (ada 4 musim : Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin); menanam bibit tertentu pada musim yang salah hanya akan membuat bibit itu hilang. Setelah membeli bibit yang tepat, kembalilah ke peternakan dan gunakan paculmu; menggali tempat yang cukup luas untuk menanam bibit. Setelah siap, bibit disebar, lalu disiram dengan alat penyiram! Air bersih bisa diambil dari kolam disamping kandang ayammu; seperti sungguhan, ya! Jangan lupa; cuaca yang buruk seperti badai topan atau panas terik bisa merusak tanamanmu. Cuaca hujan; walau membantumu dalam menyiram tanaman, bisa membuat badanmu cepat lelah. Pastikan untuk melihat ramalan cuaca setiap hari di TV.

Tentunya, dengan modal yang sangat minim seperti itu amat sulit bertahan disini! Untuk penghasilan tambahan, kamu bisa pergi ke bukit untuk mengambil hasil hutan seperti rebung, bunga, juga jamur. Di bukit juga ada pemandian air panas untuk mengembalikan stamina. Ya, jika kamu bekerja terus menerus tanpa henti, kamu akan lelah dan bisa-bisa pingsan! Selain mandi air panas tadi, makan berbagai makanan (baik mentah ataupun masak) akan memulihkan tenagamu. Kamu juga bisa menggali dalam sebuah gua untuk mendapat hasil tambang, seperti bijih besi, perak atau tembaga. Selain bisa dijual, kamu bisa memakainya untuk meningkatkan fungsi dari alat-alat pertanianmu! Bila alat pertanianmu (penyiram air, pacul, palu, sabit atau kapak) sudah banyak kamu pakai dan memiliki cukup ‘pengalaman’, kamu bisa membawanya ke pandai besi dengan bijih besi atau mineral yang sesuai, lalu kemampuan alatmu akan bertambah! Misalnya dengan Pacul Lv. 2, kamu bisa menggali 2 petak dalam 1 ayunan; atau batu keras dan besar bisa kamu hancurkan dengan Palu Lv. 3, dst. Semakin tinggi, semakin baik.

Setelah punya cukup uang, belilah ayam dan makanannya. Bila ayam diberi makan sampai cukup besar, mereka akan bertelur setiap hari. Telur itu bisa dijual atau dibiakkan menjadi seekor anak ayam yang akan tumbuh besar menjadi ayam dewasa baru. Perhatikan; untuk mendapat telur yang bisa dibiakkan (Fertilized Egg) kamu harus punya sepasang ayam jantan dan betina! Begitu pula dengan sapi; setelah besar, kamu bisa memerah susunya setiap hari dengan alat pemerah susu (harus dibeli dulu).

Kualitas dan banyaknya susu serta telur yang dihasilkan ternakmu tergantung perawatannya; bila disayang, diberi makan teratur dan sering diajak bicara, mereka akan bahagia dan memberi hasil berkualitas tinggi seperti telur dan susu EMAS!! Jangan lupakan juga kuda; walau tidak memberi hasil konkrit, bila besar kamu bisa menungganginya berkeliling desa, mendaki gunung dan bisa diikutsertakan di pacuan kuda! Bila setiap binatang makin sayang padamu, mereka bisa dipanggil dengan bersiul atau membunyikan lonceng (untuk sapi). Semakin kamu menyayangi, semakin patuh mereka. Nantinya seiring waktu dan hubungan dengan penduduk lain berkembang, kamu bisa memelihara ikan, memancing, dll. Sampai ikut berbagai macam acara seperti festival tahun baru dan masak, lomba ayam, sapi, domba dan anjing, pesta dansa, pertunjukkan musik, juga turnamen renang musim panas. Bila kesulitan mengurus ternak dan pertanian seorang diri, jangan ragu untuk minta bantuan peri-peri di hutan. Tapi jangan memaksa, ya! Sebab mereka juga punya waktu untuk libur.

Hidup Yang Panjang dan Senang… Sampai menikah!!

Saat pertanian sudah cukup maju dan ramai, sudah saatnya kamu lebih memikirkan rencana ke masa depan: pernikahan! Di kota, ada 5 orang gadis yang bisa kamu ajak berteman, sampai benar-benar dekat dan bisa kamu buat jatuh cinta lalu menikahimu. Mereka memiliki indikator hati, warna dan besarnya menunjukkan seberapa kuat perasaan mereka padamu. Awal bertemu pasti berwarna hitam tidak punya perasaan apapun, tapi bisa meningkat menjadi teman, teman dekat, sampai cinta. Mendekati mereka tentu tidak mudah; setelah saling kenal kamu harus sering mengobrol dengannya, ikut serta dalam bermacam-macam kejadian yang melibatkan mereka, memberi hadiah dan tidak lupa memberi selamat dihari ulang tahun! Ya, setiap orang termasuk kamu memiliki hari ulang tahun sendiri (untuk kamu, kamu tentukan sendiri); dan mereka akan sangat senang jika kamu mengucapkan selamat, bahkan memberi hadiah (bisa dibungkus kado!). Begitu pula dengan para gadis; mereka memiliki sifat, kesukaan, jadwal kegiatan, bahkan rahasia yang berbeda-beda. Untuk setiap gadis pun kamu memiki saingan; jika kamu gagal, sainganmu yang akan menikahi gadis pilihanmu… T_T. Andaikata kamu berhasil membuat gadis pujaanmu jatuh cinta, kamu bisa melamarnya dan menikahinya. Tapi untuk menikah kamu harus sudah punya rumah yang cukup besar (dengan 2 tempat tidur, kulkas, dsb bisa diminta untuk memperluas pada Tukang Kayu) agar cukup untuk tinggal bersama. Setelah menikah, posisimu di Mineral Town lebih terjamin; lalu bila hubunganmu dengan sang istri baik-baik terus, kamu bisa punya anak!! Istri dan anakmu harus dirawat; diajak bicara, diberi hadiah dan seterusnya. Dari seorang petani sederhana menjadi satu keluarga bahagia…!!! Woow!!! Bukankah itu menakjubkan!?

Singkat kata, Harvest Moon : Back to Nature adalah salah satu game simulasi kehidupan terinovatif dan paling asyik untuk dimainkan bagi semua kalangan. Pastikan memainkan game ini setidaknya sekali seumur hidupmu! Terutama bagi penggemar game; jika tidak pernah memainkannya, dijamin menyesal!!! Dapatkan segera di toko-toko video game terdekat dan belajar hidup sebagai petani yang penuh kerja keras!

Nilai:

Grafis : 70 B+

Suara : 75 B++

Permainan : 90 A+

Fitur : 95 A++

Cerita : 80 A

Keseluruhan : 82 A

E (0-20) : Parah

D (21-40) : Buruk

C (41-60) : Kurang

B (61-80) : Lumayan

A (81-99) : Bagus

S (100) : SEMPURNA!

WALKTHROUGH

Tanggal Ultah dan Hadiah Kesukaan

SPRING

Louis : Spring 2 Madu, Jam.

Saibara : Spring 11 – Bijih besi.

Elli : Spring 16 – Bunga. Pekerja keras, diam-diam ia disukai oleh dokter. Bila ultahmu Summer 16, ultah Elli akan jadi Summer 20.

Jadwal :

kecuali Rabu 9:00 AM – 7:00 PM – Clinic

Rabu : 9:00 AM – 1:00 PM – Rumahnya

1:00 PM – 4:00 PM – Supermarket

4:00 PM – 7:00 PM – Rumahnya

Barley : Spring 17- Bunga.

Lillia : Spring 19 – Bunga, Madu, Jam.

Greg : Spring 26 – Ikan besar, Ikan sedang, Makanan Ikan.

Sasha : Spring 30 – Bunga, Flour, Madu.

SUMMER

Popuri: Summer 3 – Bunga, Madu. Dia suka semua yang imut-imut. Tinggal bersama Rick kakaknya dan ibunya Lilia di Poultry Farm. Bila hari ultahmu Summer 3, ultahnya jadi Summer 10. Biarpun sainganmu, Kai hanya muncul pada musim panas, kamu tetap harus berusaha menyenangkan Popuri.

Jadwal :

Bila cuaca baik:Kecuali Minggu

7:30 AM – 10:00 AM – Hot Springs

10:30 AM – 6:00 PM – Rumahnya

Sunday

8:30 AM – 10:00 AM – Church (musim panas saja)

10:00 AM – 1:00 PM – Church

1:30 PM – 4:00 PM – Rose Square

Bila cuaca buruk: kecuali Minggu

9:00 AM – 6:00 PM – Rumahnya

Minggu

10:00 AM – 4:00 PM – Church

Harris : Summer 4 – Bunga, Onigiri.

Cliff : Summer 6 – Onigiri, Spa-Boiled Egg. Tinggal di Inn. Kalau kamu mengajaknya bekerja di Vineyard, dia akan menjadi temanmu.

Basil : Summer 11-Bunga.

Ann : Summer 17-Spa Boiled Egg. Gadis tomboi sehingga ayahnya (Doug) takut Ann tidak bisa menikah. Ann pandai masak dan ramah. Cliff adalah sainganmu untuk mendapatkan Ann. Ann akan mengundangmu ke acara ultahnya bila parameter perasaannya sudah ungu atau lebih. Jangan lupa datang dengan membawa hadiah. Bila ultahmu Summer 17, ultah Ann akan jadi Summer 22.

Jadwal :

Bila cuaca baik : 7:30 AM – 10:00 AM- HotSpring, 10:30 AM to 10:00 PM – Inn

Bila cuaca buruk : 6:00 AM to 10:00 PM- Inn

Kai : Summer 22 – Flour, Oil. Hanya muncul pada musim panas (menetap bila menikah dengan Popuri). Orangnya ceria dan berterus terang.

Zach : Summer 29 – Onigiri.

FALL

Gotz : Fall 2 – Bahan-bahan.

Stu : Fall 5 – Madu, Juice, Jam.

Hoggy : Fall 10. Sprite berbaju kuning, hobinya tidur.

Manna : Fall 11 – Madu, Bunga.

Karen : Fall 15 – Wine. Cantik, pemilih, suka minum untuk melupakan masalahnya. Satu-satunya karakter wanita yang dapat ditemukan di Inn pada malam hari. Bila ulathmu Fall 15, ultahnya jadi Fall 23. Rick menyukainya dan selalu cemburu pada Kai.

Jadwal :

Bila cuaca baik : Kecuali Minggu dan Selasa

8:00 AM – 10:00 AM – di luar Clinic/Supermarket

10:00 AM – 1:00 PM – House

1:00 PM – 7:00 PM – Supermarket

7:30 PM – 10:00 PM – Mineral Beach

Minggu, Selasa

8:00 AM – 10:00 AM – di luar Clinic/Supermarket

10:00 AM – 1:00 PM – House

1:00 PM – 4:00 PM – Hot Springs

8:00 PM – 10:00 PM – Inn

Bila cuaca jelek:Kecuali Minggu, Selasa

9:00 AM – 7:00 PM – Supermarket

Minggu, Selasa

1:00 PM – 4:00 PM – Rumah Gotz

8:00 PM – 10:00 PM – Inn

Doctor : Fall 17 – Poisonous Mushroom. Orangnya sangat sibuk tapi ia ramah.

Anna : Fall 23-Madu, Flour.

Rick : Fall 27 – Makanan Ayam. Orangnya baik, tapi ia tidak suka pada Kai. Tinggal di Poultry Farm.

WINTER

Kano : Winter 2 – Bunga, Jamur.

Gray : Winter 6 – Bijih Besi. Tinggal bersama dan bekerja untuk kakeknya Saibara. Ia pemalu dan merasa kurang dihargai oleh kakeknya. Kalau bukan bekerja biasanya ia ada di perpustakaan.

Doug : Winter 11 – Flour, Kare Flour, Oil.

Ellen : Winter 13 – Onigiri, Bread, Egg, Spa-Boiled Egg.

Duke : Winter 15 -Bread, Onigiri, Spa-Boiled Egg.

Won : Winter 19

Mary : Winter 25 – Bamboo Shoots (rebung). Gadis yang manis, suka bicara tentang buku. Bila ultahmu Winter 25, ultah Mary jadi Winter 25. Mula-mula ia belum sadar bahwa Gray suka padanya.

Jadwal :

Bila cuaca baik : Kecuali Senin :

10:00 AM to 6:00 PM – Library

Senin :

7:00 AM – 10:00 AM – Mother’s Hill

11:00 AM – 12:30 PM – dalam rumahnya

1:00 PM – 4:00 PM – dalam Supermarket

Bila cuaca buruk : kecuali Senin:

10:00 AM – 6:00 PM- Library

Senin :

10:00 AM – 12:30 PM – dalam rumahnya

1:00 PM – 4:00 PM – dalam Supermarket

Karakter-karakter lain

Pastor Carter

Sprite : Peri-peri yang tinggal di pohon belakang gereja. Sprites suka aksesoris, apple pie, bodigizer, bread, butter, cake, cookies, fruit juices, green grass, honey, hot milk, jam, omelets, relaxation tea, strawberry milk, sweet potatoes, mix juices, pizza, wild grapes, wine and yarn. (Jangan lupa membungkus hadiah itu di toko.) Mereka tidak suka binatang yang besar.

Bold (baju ungu) : Spring 4

Staid (baju biru tua) : Spring 15.

Aqua (baju biru muda) : Spring 26.

Timid (baju hijau) : Summer 16

Hoggy (baju kuning) : Fall 10.

Chef (baju merah) : Fall 14.

Nappy (baju oranye) :Winter 22

Cat : Kalau minta tolong, gunakan saja 3-4 sprite, jangan memanggil semuanya karena nanti saat kamu benar-benar butuh lagi mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka sendiri. Kecuali kalau kamu ingin menggarap ladangmu besar-besaran, sekitar 10-20 baris, barulah kamu butuh 7 orang sekaligus.

Gourmet : Seorang pesolek yang muncul untuk menilai makanan setiap orang yang mengikuti festival masakan.

Heart Key

Parameter perasaan cewek padamu. Ingat yang bisa kamu nikahi adalah Ann, Elli, Karen, Mary atau Popuri. (Untuk HM for Girl yaitu cliff, Kai, Rick, Doctor atau Gray).

Hitam: Tidak ada perasaan apapun

Ungu: Sopan padamu

Biru: Sebagai teman

Hijau: Menyukaimu

Kuning: Jinak-jinak merpati

Orange: Terpikat

Merah: Mencintaimu

The Village

  1. Tanah pertanianmu.
  2. Blacksmith (Pandai Besi). 10AM-4PM. Tutup pada setiap hari Kamis.
  3. AJA Winery. 9AM-12PM. Tutup pada setiap hari Sabtu.
  4. Mary’s House.
  5. Library. 10AM-4PM. Tutup pada setiap hari Senin.
  6. Ellen’s House. Tempat tinggal Ellen, Stu dan Eli.
  7. Mayor’s House. Ketika Mayor keluar, temannya Kano biasanya berada disini.
  8. Supermarket. 9AM-5PM. Tutup pada setiap hari Selasa dan Minggu. Rumah Karen nyambung dengan Supermarket.
  9. Inn. 8AM-9PM. Doug dan Ann tinggal disini. Kai, Cliff dan Gray tinggal di ruangan atas dan pada malam hari setelah 8PM, banyak penduduk desa dapat ditemukan duduk-duduk sambil minum. Won, penjual biji-biji yang aneh, juga dapat ditemukan disini.
  10. Clinic. 9 AM-4 PM. Tutup pada setiap hari Rabu. Doktor dan Eli bekerja disini.
  11. Church. 9AM-8PM. Pastor selalu berada disini. Banyak kakater lain dapat ditemukan disini dari waktu ke waktu, seperti Cliff, Popuri, Stu dan May.
  12. Sprites’ Home. Lokasinya terletak di dalam pohon di belakang gereja.
  13. Rose Square.  Tempat kebanyakan festival. Ada sebuah tong sampah yang terletak di area ini.
  14. Mineral Beach. Zach, bertugas mengirim paket dan Greg tinggal disini. Pantai adalah rumah untuk satu atau dua perayaan yang merupakan lokasi tepat untuk memancing.
  15. Yodel Farm. 9AM-3PM. Tutup pada setiap hari Senin. Barley dan May tinggal disini. Kamu dapat membeli dan menjual binatang seperti Domba dan Sapi Ada beberapa festival diadakan disini. Bila kamu memutuskan agar anjingmu dipelihara Hana, Yodel Farm Dog, kamu harus mampir setiap hari supaya anjingmu tetap bergembira.
  16. Poultry Farm. 12PM-4PM. Tutup pada setiap hari Minggu. Tempat tinggal Popuri, Lillia dan Rick. Selain itu Poultry Farm juga tempat kamu dapat membeli atau menjual ayam-ayam dan mendapatkan ayam-berhubungan supplier pertanian.
  17. Carpenter’s House. Kalau kamu mencari sesuatu untuk mengupgrade tanah pertanianmu, ini merupakan tempat yang harus kamu tuju. Gotz, si tukang kayu, tidak memiliki waktu yang tetap dan dia seringkali ditemukan berkeluyuran di sekitar pegunungan sedang mencari makanan dan kayu. Louis juga tinggal disini. Sekitar rumah Gotz terdapat banyak kayu untuk kamu tebang.
  18. Hot Spring. Spa yang berada di lingkungan luar. Ketika karaktermu mulai lelah, habiskan satu jam dalam spa untuk mengembalikan energimu.
  19. Lake Kappa. Ada Winter Mine yang hanya bisa kamu gali pada musim dingin.
  20. Puncak Mother’s Hill. Puncak tertinggi pegunungan.
  21. Mother’s Hill. Di pegunungan ini terdapat banyak benda. Tergantung musim, kamu dapat pergi ke sana ke mari di area ini untuk mendapatkan buah-buahan dan berry. Kamu juga bisa mendapatkan kayu, bunga dan banyak lagi.

The Cave

Tempat ini berada di belakang air terjun dekat Hot Spring. Gunakan cangkulmu untuk menemukan biji-biji guna mengupgrade peralatanmu. Nilainya sama baiknya dengan benda-benda lainnya, misalnya uang. Ketika menggali, kamu kadang-kadang menjumpai tangga-tangga yang membawamu ke area-area lebih rendah. Area yang lebih rendah itu merupakan tambangmu, disini kamu dapat menemukan benda-benda lebih baik.

Festivals

SPRING

1 : New Years Festival : Rose Square. Minum dengan orang dewasa di Inn (awas jangan kebanyakan minum). Untuk menari dengan wanita, pergi ke Square.

8 : Spring Goddes Festival : Rose Square.

14 : Thangksgiving Festival : Bagi-bagikan cookies buatanmu kepada gadis-gadis.

18: Horse Race : Walaupun kamu datang telat, kamu bisa mengikuti semua lomba (ada 3).

22 : Cooking Festival : Periksa makanan yang dikeluarkan oleh peserta lomba lain, mungkin kamu akan menemukan sesuatu.

Untuk menang harus menggunakan bahan makanan yang banyak, berkualitas dan alat yang tepat. Resep yang rumit juga memperbesar kemungkinan menang. Bumbu-bumbu lebih-kurang sedikit tidak berpengaruh. Bahan-bahan seperti telur dan susu yang mempunyai hitungan angka tidak ada hubungannya pada keahlian pembuatan. Untuk kue, bila kebanyakan telur atau susu, bakalan gagal. Tapi bagi yang kualitasnya bisa dijumlah, misalnya dalam 1 resep pakai 2 telur, tidak ada masalah. Coba dulu resep yang akan dilombakan karena ada bahan yang cocok dengan masakan tertentu ada yang tidak.

SUMMER

1 : Sea Opening : Power Berry hanya bisa didapatkan dengan menang lomba pertama. Saat lomba, selang-selingi antara bernapas dan berenang (tombol O dan Kotak). Beberapa saat menjelang finish lakukan last spurt, berenang sekuat tenaga. Kalau sempat, sebelumnya cari dan baca buku tentang festival dan berenang di perpustakaan.

7 : Chicken Festival : Selain jumlah heart ayam yang maksimal (10), pada saat ayammu berhadapan dengan sesamanya, tekan tombol O untuk bersorak memberi semangat. Bila lawan mengejek, langsung balas dengan sorak semangat.

12 : Tomato Festival : Perang.

20 : Cow Festival : Yodel Ranch. Menang-kalah tergantung jumlah hati sapimu.

24 : Fire Works Display : Bisa janjian sebelumnya dengan pasangan nonton.

FALL

3 : Music Festival : Gereja, 6 PM.

9 : Harvest Festival : Rose Square, 10 AM. Tanggapan penduduk tergantung makanan yang kamu bawa untuk dimasukkan ke Village Pot.

13 : Moon Viewing Festival : Di puncak gunung mungkin kamu akan bertemu gadis yang paling kamu sukai.

24 : Sheep Festival : Yodel Ranch. Anak domba, domba hamil dan domba yang sudah dicukur tidak bisa dilombakan.

25 : Fall Horse Race

WINTER

10 : Dog Race : Rose Square, 10 AM. Tergantung jumlah heart dan kecekatan anjing. Bila kecekatan anjing rendah, lari ambil jarak sedikit dari anjing (jangan berlebih). Untuk meningkatkan heart, jangan mengeluarkannya dari rumah saat cuaca buruk dan peluklah ia sekali sehari. Latihan dengan Dog Ball meningkatkan kecekatan.

14 : Winter Thanksgiving Festival : Gadis yang hatinya berwarna akan memberimu chocolate, yang hatinya hijau memberimu chocolate cake. Popuri datang jam 6, Ann jam 8, Elli jam 10, Karen jam 1 dan Maria jam 3. (jika kamu menyimpan coklat yang mereka berikan untuk beberapa hari, kamu bisa memberikan coklat kembali kepada mereka sebagai hadiah dan mereka kelihatan tidak terlalu memperhatikan bahwa kamu mengembalikan hadiah mereka).

24 : Star Night Festival : Wanita yang mempunyai hati ungu akan mengundangmu pesta di rumahnya. Acara dimulai pukul 6 PM.

30 : New Years : Mother’s Hill. Di puncak bukit ini, kamu dapat menemukan snow flower yang jarang ada, yang ingin dilihat Nenek Eli sebelum dia meninggal.

Item

Animal Medicine. Harga- 1000G. Untuk mengobati penyakit hewan peliharaan. Bisa dibeli di Yodel Ranch atau Poultry Farm.

Bell. Harga- 500G. Untuk memanggil ternak keluar atau ke dalam kandang. Lebih mudah kan dari pada mendorong-dorong mereka kesana sini. Beli dari Blacksmith (si Saibara).

Blue Feather. Harga – 1000G. Untuk melamar gadis yang parameter perasaannya (gambar heart) merah. Beli di Supermarket.

Blue Vase. Harga – 5000G. Won akan menjualnya padamu bila rumahmu sudah. diupgrade sepenuhnya. Taruh bunga di dalamnya, berfungsi untuk mengurangi kelelahan.

Cow Potion. Harga – 3000G. Membuat sapi hamil. Beli di Yodel Ranch.

Dog Ball. Harga – 100G. Sangat berguna untuk melatih anjingmu, supaya bisa menang Dog Race dan membantu menggembala ternak. Won akan menawarkannya pada musim gugur (Fall).

Fishing Rod. Harga – 0G. Tangkai pancing. Bicara dengan Greg di Spring tahun pertama dan dia akan memberikannya.

Fishing Pole. Harga – 0G. Tangkai pancing, lebih banyak hasilnya dari pada Fishing Rod. akan diberikan Greg bila ikan di kolammu berjumlah 50 atau lebih. Untuk itu kamu harus rajin memancing dan memberi makan ikanmu (secara merata dari pinggir kolam).

Medium Rucksack. Beli di Supermarket. Bisa membawa 4 tool dan 4 item.

Large Rucksack. Harga-5.000G. Bisa membawa 8 tool dan 8 alat. Bisa dibeli di Supermarket 10 hari setelah kamu membeli Medium Rucksack.

Sheep Potion. Cost – 3000G. Description – Membuat domba dewasa hamil. Beli di Yodel Ranch.

Shears. Cost – 1800G. Description – Untuk menggunting bulu domba. Hasilnya bisa dijual dan dombamu makin cinta.

Home Shopping Network. Setiap Sabtu pagi, televisimu akan menyiarkan penawaran item dapur dari saluran Home Shopping Network. Kamu akan membutuhkan item-item ini untuk mempraktekkan resep makanan. Untuk memesan, kamu harus menelpon dari Tavern (seharga 10G per panggilan). Biasanya waktu pengiriman item ialah 3 hari.

Setelah semua barang dari Shopping Channel di pesan, acara televisi akan berganti.

Knife : 3.000 G

Frying Pan : 2.500 G

Pot : 2.000 G

Mixer : 2.500 G

Whisk (pengocok) : 1.000 G

Rolling Pin (untuk membuat mie) : 1.500 G

Oven (untuk membuat kue, pie dan cookie) : 5.000 G

Seasoning Set (bumbu, terdiri dari garam, gula, cuka, saus tiram, pasta miso) : 5.000G

Power Fruit (tingkatkan energi 10) : 5.000G

Tool Upgrade

Nama Alat

Biaya

Lama (Hari)

Tips

Upgrade Tool Brush Milker ClippersMayonnaise

Machine Butter

Machine Yarn

Machine Jewelry

1,000G – 5,000G (tergantung level) 3,000G 5,000G 4,000G20,000G, Bijih Adamantite

20,000G, Bijih Adamantite

20,000G, Bijih Adamantite

1,000G, Bijih Orichalc

3000

5

5

5

3

 Gunakan terus alat sampai di bagian bawah layar data Tool ada tanda blue Stone. Tidak usah melakukan copper-gold upgrade. Langsung pakai mystril saja (yaitu setelah 400% pemakaian alat). Lebih hemat. Untuk menyikat peliharaanmu. Mereka bakal makin cinta deh. Lakukan segera setelah punya 20.000-40.000 G. Kamu akan mendapat uang lagi setelahnya.

 Untuk menyusui sapi. Sapimu akan semakin menyukaimu. Lakukan segera setelah sapimu punya anak, jika punya uang.

 Lakukan segera setelah punya domba.

 Lakukan segera setelah punya ayam.

 Lakukan segera setelah punya biayanya, rumput dan sapi.

 Alias Cotton Machine. Sangat berguna tapi kamu toh jarang punya wol. Lakukan sehari sebelum kamu mendapat wol saja.

 Simpan sampai kamu punya 5 dan berikan sekaligus pada seorang gadis. Parameter perasaannya padamu bakal melonjak.

Upgrade palu dan kapak dalam musim panas atau musim gugur. Kamu bakal sibuk dengan panenmu sehingga memerlukan peralatan ini buat menghancurkan batu-batu besar atau mengumpulkan kayu.

Upgrade sabit dan penyiram air dalam musim dingin. Kamu tidak perlu menggunakan peralatan ini dalam musim dingin sebab tidak ada panen yang tumbuh pada musim tersebut. Jadi kamu tidak mungkin kehilangan panenmu.

Upgrade cangkul dalam musim semi, musim panas atau gugur, segera setelah ladangmu dikerjakan. Kamu memerlukan peralatan ini dalam semua musim untuk bercocok tanam atau bertambang. Dalam musim dingin tidak banyak yang harus dilakukan hanya beberapa hal seperti pertambangan dan mengumpulkan kayu. Jadi cara terbaik untuk mengupgrade adalah saat kamu sedang bersibuk ria dengan memanen.

Daur hidup panen

Pertumbuhan dari tanaman yang kamu tanam akan mengalami siklus pertumbuhannya. Waktu pertumbuhan ini akan sangat tergantung dari cara penangananmu. Jika kamu terus menggunakan tanah yang sama secara terus menerus, tumbuh-tumbuhan akan tumbuh lebih lambat pada suatu periode waktu tertentu.

Jika kamu ingin meneruskan menggunakan area yang sama dari tanah yang dipakai untuk bercocok tanam dan menuai panen, sekali panen yang tergantung dari musim berakhir, gunakan palu untuk menggemburkan tanah kembali agar menjadi normal. Kemudian cangkul kembali. Kamu mungkin menginginkan terjadi panen dalam area yang berbeda untuk menjaga agar tanah tetap subur.

Juga, jika kamu lupa menyirami panen, ini akan menyebabkan waktu pertumbuhan menjadi tidak tetap.

Note : Sekali benih sudah menjadi tumbuhan, kamu tidak perlu memberi air. Rumput akan tersisa dalam perputaran tahun (meskipun akan tertutup oleh salju pada musim dingin) jadi kamu tidak perlu menanam rumput baru setiap musim.

Rekomendasi : Jika kamu merencanakan untuk menanam beberapa benih-benih yang sama, tanam dalam hari-hari yang berbeda. Hal ini akan menyebabkan mereka tidak tumbuh dalam waktu yang sama dan kamu tidak perlu menghabiskan seluruh hari hanya untuk bercocok tanam, sehingga kamu tidak perlu kehilangan kesempatan emas untuk merayu wanita-wanita.

Spring (Musim Semi)

Cabbage (Kubis)

Harga Biji : 500G

Di mana belinya : Won

Dijual seharga : setiap 250

Waktu tumbuh : 15 hari

Panen : sekali

Cucumbers (mentimun)

Harga benih : 200G

Di mana belinya : Supermarket

Dijual seharga : setiap 100G

Waktu tumbuh : 10 hari

Panen : setiap lima hari

Grass (Dapat ditanam dalam musim panas dan musim gugur)

Harga benih : 500G

Di mana belinya : Supermarket

Dijual seharga : tidak untuk dijual karena diperlukan untuk memberi makan binatang

Waktu tumbuh : 30 hari

Panen : setiap 10 hari

Moon Drop Flowers

Harga benih : 500G

Di mana belinya : Supermarket

Dijual seharga : tidak untuk dijual

Waktu tumbuh : 6 hari

Panen : satu kali

Potatoes

Harga benih : 150G

Di mana belinya : Supermarket

Dijual seharga : setiap 80G

Waktu tumbuh : 8 hari

Panen : satu kali

Strawberries

Harga benih : 150G

Di mana belinya : Won

Dijual seharga : setiap 30G

Waktu tumbuh : 9 hari

Panen : setiap 2 hari

Turnips (lobak)

Harga benih : 120G

Di mana belinya : Supermarket

Dijual seharga : setiap 60G

Waktu tumbuh : 5 hari

Panen : satu kali

Benih kubis

Harga benih : 500 G.

Di mana belinya : Won, siang hari di Inn

Dijual seharga : 250 G per kubis

Toy Flowers

Harga benih : 400G

Di mana belinya : Won, siang hari Inn

Dijual seharga : tidak untuk dijual

Waktu tumbuh : 13 hari

Panen : satu kali

Summer (musim panas)

Corn (jagung)

Harga benih : 300G

Di mana belinya : Supermarket

Dijual seharga : setiap 100G

Waktu tumbuh : 15 hari

Panen : setiap tiga hari

Onion (bawang)

Harga benih : 150G

Di mana belinya : Supermarket

Dijual seharga : setiap 80G

Waktu tumbuh : 8 hari

Panen : satu kali

Pineapple (nanas)

Harga benih : 1000G

Di mana belinya : Supermarket

Dijual seharga : setiap 100G

Waktu tumbuh : 18 hari

Panen : setiap lima hari

Tomato

Harga benih : 200G

Di mana belinya : Supermarket

Dijual seharga : setiap 60G

Waktu tumbuh : 8 hari

Panen : setiap 3 hari

Pumpkin (labu kuning)

Harga benih : 500G

Di mana belinya : Won

Dijual seharga : setiap 250G

Waktu tumbuh : 15 hari

Panen : sekali

Pink Cat Flowers

Harga benih : 200G

Di mana belinya : Won, siang hari di InnDijual seharga : Tidak untuk dijual

Waktu tumbuh : 6 hari

Panen : sekali

Biji Nanas

Harga benih : 1.000 G.

Di mana belinya : Won, siang, di Inn

Dijual seharaga : 500G per nanas

Fall (musim gugur)

Carrot (wortel)

Harga benih : 300G

Di mana belinya : Supermarket

Dijual seharga : setiap 120G

Waktu tumbuh : 8 hari

Panen : sekali

Dijual seharga : setiap 80G

Waktu tumbuh : 10 hari

Panen : setiap 3 hari

Green Pepper (cabe hijau besar)

Harga benih : 150G

Di mana belinya : Won

Dijual seharga : setiap 40G

Waktu tumbuh : 8 hari

Panen : setiap 2 hari

Spinach (bayam)

Harga benih : 200G

Di mana belinya : Supermarket

Dijual seharga : setiap 120G

Waktu tumbuh : 6 hari

Panen : sekali

Sweet Potato

Harga benih : 300G

Di mana belinya : Supermarket

Dijual seharga : setiap 120G

Waktu tumbuh : 6 hari

Panen : setiap 3 hari

Magic Red : 600 G

Harga benih : 10 G

Di mana belinya : Won, siang hari di Inn

Dijual seharga: 200 G (hanya yang merah bisa dijual)

Winter (musim dingin)

Tidak ada panen yang dapat dihasilkan selama musim dingin. Bagaimanapun, jika kamu memiliki rumah kaca (tempat untuk menanam tanaman yang tidak tahan pada musim dingin), kamu bisa menanam benih apapun pada setiap waktu, selama setahun. Supermarket juga hanya menawarkan barang tergantung musim, jadi siapkan persediaan benih-benih selama setahun.

Orange Cup : Ini hanya dapat tumbuh dalam rumah kaca, pada musim apapun.

Harga benih : 1000G

Di mana belinya : Won, siang hari di Inn.

Dijual seharga : 60 G

Waktu tumbuh : 9 hari

Panen : sekali

Farm Upgrades

House Upgrade Pertama– Tambah dapur, kulkas (untuk menyimpan item makanan), dan lemari (untuk penyimpanan item lain). Setelah ini kamu bisa memasak.

Harga-4700G

Kayu-370

House Upgrade Kedua– Dapur lebih besar, tambah ruang duduk, kamar tidur kedua dan perapian. Kamu harus punya melakukan ini supaya bisa menikah.

Harga-10000G

Kayu -750

Barn Extention– Supaya bisa memelihara sampai 20 ternak dan menambah tempat pengembangbiakan.

Harga-6800G

Kayu-500

Chicken Coop Extention– Supaya bisa memelihara sampai 10 ayam.

Harga-5000G

Kayu -420

Greenhouse-Rumah Kaca ini letaknya tepat di samping rumah. Kecil ukurannya sekitar 7 x 7. Sangat berguna untuk menanam di musim dingin dan menyemaikan benih, tapi mudah hancur oleh topan.

Harga-30000G

Kayu-580

Pernikahan- Agar hubungan dengan istrimu baik dan dia tidak meninggalkanmu, kamu harus bersikap baik padanya. Bicara dengannya setiap hari, usahakan pulang ke rumah sebelum dia tidur (10 PM) dan berikan hadiah setiap hari supaya parameter perasaannya (bisa dicek dengan tombol Start atau lihat waktu dia bicara) berwarna merah. Setelah 1 atau 2 musim keadaan baik-baik terus, istrimu akan hamil! Oya, kalau parameter hatinya sedang turun, lebih banyaklah bicara dengannya, kalau perlu beri 2 hadiah sehari.

Kalau pingin istrimu pergi, ya bersikap sebaliknya saja. Berikan padanya weeds dan barang-barang lain yang tidak disukainya terus menerus sampai parameter perasaannya jadi hitam, maka pada suatu pagi ketika kamu bangun ia sudah pergi. Apakah kamu masih bisa memperoleh istri, tergantung usahamu setelah itu.

Perkembangan Anak

Bayi– Ketika bayimu baru dilahirkan, kamu belum bisa menggendongnya, cuma istrimu yang bisa. Bayimu juga akan mempunyai parameter perasaan dan tentu saja kamu akan berusaha membuatnya senang, bukan? Sayang pada tahap ini kamu belum bisa melakukannya karena belum bisa berinteraksi dengan bayimu.

Merangkak– Setelah sekitar setahun, bayimu mulai merangkak. Sekarang kamu bisa menggendongnya, mengajaknya bicara dan memberinya hadiah, misalnya hot milk. Oya, di game ini cuma ada 1 jenis kelamin untuk bayimu (mungkin biar gampang bikin programnya). Putramu akan memakai kostum biru.

Berjalan dan Bicara– Tiga musim setelah bayimu mulai merangkak, ia akan mulai berjalan dan bicara. Kata-katanya ngaco semua, lucu deh. Kamu bisa lebih banyak bicara dengannya dan memberinya hadiah barang-barang yang lebih besar. Setelah ini anakmu masih bisa terus tumbuh dan berkembang. Lihat sendiri deh.

Resep

Ketika seseorang menawarkan resep pastikan kamu mencatatnya. Kemudian saat karaktermu berada di rumah, buat makanan. Jika kamu melakukannya dengan benar, kamu akan memiliki sebuah hidangan yang ditambah pada daftar resep. Jadi nantinya kamu bisa memasak hidangan itu dengan lebih cepat dan mudah dari pada yang kamu ingat.

Cara mendapatkan resep :

Ice cream : beri sebuah telur pada Yodel.

Potato Pancakes : berikan bamboo shot pada Gotz.

Fries : dalam sebuah botol saat kamu memancing di dermaga.

Mixed Juice : berikan Doctor blue medicine plant.

“Ohitashi” Greens : berikan Mana sebuah Pink Cat flower.

Popcorn : berikan sebuah ear of corn kepada Kai.

Pickled Turnips : berikan sebuah ear of corn kepada Saibara.

Fruit Latte : berikan sebuah tomat pada Basil.

Cheese Fondue : berikan sebuah tomat pada Doug.

Pastor’s Afternoon Snack : berikan sebuah telur pada Pastor.

Power Berry

Untuk mendapatkannya tidak harus berurut.

Power Berry 1 : Menangkan 1001 mdeali dari lomba berkuda, cari Mayor dan tukar medali itu denga Power Berry 1.

Power Berry 2 : Memancing di laut, di dermaga sana. (tapi lama).

Power Berry 3 : Dalam tambang di dekat Hot Springs. Gali dengan Hoe.

Power Berry 4 : Di luar tambang musim dingin, di pojok. (Tekan X.)

Power Berry 5 : Di dalam tambang musim dingin.

Power Berry 6 : Beli di TV Shopping Network, harganya 5000G.

Power Berry 7 : Menangkan Swimming Festival.

Power Berry 8 : Coba tebang pohon cedar di Mother’s Hill. Pohon itu akan bicara memintamu untuk tidak memotongnya. Kalau kamu turuti ia akan memberimu power Berry.

Power Berry 9 : tanam lebih dari pada 90 bunga . Waktu Anna datang katakan padanya ia boleh memetik sebanyak ia mau.

Power Berry 10 : Berikan Goddess hasil panen (crops) selama 5 hari berturut-turut dengan cara melemparkannya ke air terjun.

Special Berry : Lemparkan 3 cucumber (timun) ke danau di Mother’s Hill sambil berdiri di depan 2 pohon di sebelah kiri danau. Kappa akan memberimu sebuah berry. Berry ini membuat konsumsi energi jadi separuh.

Ikan legendaries

Sea Bream. Dapatkan pada musim semi, panas atau gugur. Setelah menjual lebih dari 200 ikan, kamu dapat mengangkap ikan ini di laut.

Squid (cumi) : Lempar ikan kecil dari kolammu ke laut sebagai umpan lalu lemparkan fishing pole. Satu umpan berlaku untuk satu hari mancing.

Char : Gunakan tongkat pancing di sungai atau air terjun setelah kamu mendapat resep Sashimi, Grilled Fish dan Sushi. Musim apa saja.

Angler : Saat musim dingin pergilah ke laut dari jam 8-11 malam lalu lemparkan fishing polemu.

Catfish (Ikan Lele) : Memancing di kolam bawah tanah (lihat “Watering Can yang selalu penuh”) pada musim dingin. Pakai alat pancing apapun oke.

Carp (Ikan Koi) : Saat musim semi atau musim gugur, setelah mendapat 5 ikan legendaris lainnya. Bisa ditangkap di Mother’s Lake (danau dekat jembatan).

Tips & Trik:

Mengontrol cuaca.

Setelah save, periksa cuaca untuk keesokan hari. Kalau ramalan cuma mengatakan stormy (=berbadai atau hujan lebat), bersalju atau badai salju, ambil diary dan reload game kamu. Periksa cuaca lagi dan biasanya ramalan cuaca kali ini akan berbeda. Lakukan terus sampai mendapat cuaca yang kamu inginkan. Cara ini terutama berguna pada saat kamu ingin menghindari badai salju, memindahkan ternak ke dalam atau mengupgrade water can.

Keranjang

Kamu tidak perlu selalu membawa keranjang dalam tasmu, kamu bisa memuatnya dengan melempar isinya dari jarak tertentu (sekitar 3 petak).

Relaxation Tea Leaves (Daun Teh untuk Relaksasi)

Antara jam 2.00 PM – 4.00 PM di musim semi kunjungi rumah harvest sprite, berikan hadiah pada semuanya. Sprites akan mengundangmu ke acara minum teh dan kamu akan mendapat daun teh yang berharga itu. Item ini bisa kamu gunakan untuk memenangkan lomba masak.

Dog Ball

Harganya murah dan Won akan menjualnya lagi kalau kamu kehilangan bolamu. Tapi biar lebih hemat jangan main di dalam rumah karena pasti bolamu akan hilang. Dog ball juga akan hilang bila ditaruh di luar rumah beberapa hari. Paling baik simpan dalam lemari.

Tidur

Kamu tidak perlu tidur sebanyak waktu normal. Kamu bisa tetap bekerja dan pulang paling telat 5.50 AM dan bangun 6.00 AM.

Spa-Boiled Egg

Kamu bisa merebus telur di Spa. Caranya letakkan di tempat batu-batu yang seperti masuk ke air. Harga telur-telur ini 30 kali lebih mahal dari pada telur biasa, tapi menurunkan harga Golden Egg.

Watering Can yang selalu penuh

Pada musim dingin, gali tambang di pulau yang ada di tengah danau. Gali sampai ketemu gua di dinding Utara, masuk dan isi watering can dengan air dari kolam di dalam. Setelah itu, watering can kamu akan mempunyai air yang tak terbatas.

Tool Upgrade yang cepat

Gunakan tool sampai 400%, tambang Blue Stone dan bawa Blue Stone itu, uang 5000G dan tool yang ingin di-upgrade ke tukang besi. Dia akan bisa mengupgrade alatmu dengan cepat.

Mendapat lebih banyak bijih tambang

Untuk ini kamu memerlukan Harvest Basket dan Final Rucksack. Bawa Harvest Basker ke tambang, letakkan dan mulai menambang. Kamu bisa menyimpan bijih galianmu ke Harvest Basket. Bila sudah penuh, hadapkan ke sebuah bin (tempat penyimpanan) dan tekan Kotak. Kalau capek, kamu tinggal menyegarkan diri di Hot Spring Pool (sekitar 1 jam). Ini juga bisa kamu lakukan pada musim dingin.

Mendapatkan kuda lain

Barley akan meminta kembali kudanya. Tapi asalkan kamu punya padang rumput yang bagus (tanam sekitar 30 Grass), kamu akan mendapatkan kuda baru. Kamu TIDAK bisa mempunyai 2 kuda sekaligus.

Perfume/love potion

Kunjungi pantai beberapa kali semalam musim panas. Pada suatu hari kamu akan menemukan botol berisi surat. Kai akan menanyakan apakah kamu ingin menetap di desa. Jawab Yes dan ia akan mengganti botol itu dengan parfum.

Mining for Dollars

Ketika menggali dalam gua, karaktermu akan secara otomatis mengisi benda-benda ke dalam ranselnya.

Apel

Pada musim gugur, buah apel akan berjatuhan dari pohon. Kamu bisa menghasilkan sesuatu dari apapun yang kamu temukan di tanah dan menjualnya, memakannya, menghadiahkannya atau menyimpan dalam kulkas untuk digunakan nanti.

Ellen’s Pie

Suatu saat, Mayor akan memintamu untuk membawakan Neneknya Elli sebuah pie dari Inn. Penuhi perminataannya. Nenek akan menawarkan tip, tapi tolak penawarannya. Elli kemudian akan muncul dan memberikan sepotong pie (yang dapat kamu berikan ke wanita yang kamu suka). Pada hari berikutnya, Mayor akan muncul di ladangmu dan memberikan sebuah kue yang dapat kamu makan.

Cliff Pingsan

Suatu hari, kamu mungkin menemukan Cilff pingsan di tengah salju di Rose Square. Dia memiliki sebuah gambar dalam tangannya. Setelah kamu menolongnya, kamu kembalikan gambar itu padanya. Kalau tidak kamu harus menyimpannya terus padahal tidak jelas gunanya.

Sampah

Ketika memancing, lemparkan sampah yang kamu dapatkan ke dalam tempat sampah yang terdapat dalam town square. Kalau buang sampah sembarangan, kamu bisa dimarahi orang.

Gereja

Bila pernah buang sampah sembarangan atau melakukan kesalahan lain (misalnya iri pada rumah orang lain), kamu bisa melakukan pengakuan dosa di gereja. Tapi efeknya pada permainan tidak jelas.

Bee Knees

Jika kamu menanam bunga, lebah-lebah akan muncul dan membangun sarang di pohon apelmu. Ambil madu dan berikan pada Louis. Dia akan mengonfirmasikan bahwa lebah ini adalah lebah spesial yang dia cari. Ini akan menambah harga yang kamu dapatkan dari penjualan madu.

Orange Cup

Bunga ini hanya bisa ditanam di dalam Green House/Rumah Kaca. Bila ditanam di luar, bunga ini tidak terlihat tapi bisa tumbuh. Sirami setiap hari dan bila sudah cukup besar, kamu tidak akan bisa melangkahi tempat itu biarpun bunganya tak terlihat. Kamu tinggal memetiknya dan bunga itu akan terlihat di tanganmu.

Kotak Musik

Ada kotak musik tua yang terkubur kira-kira segaris dengan kandang anjing dan pohon. Gali keluar dengan hoe dan sering-sering bicara dengan Rick. Beberapa hari kemudian ia akan membetulkan kotak musik tua itu dengan gratis. Kamu bisa memberikannya kepada gadis yang kamu sukai.

Produk Kualitas Emas

Ternak yang menang dalam lomba akan menghasilkan Gold Milk, Gold Fur, dll tapi setiap tahun dari setiap jenis ternak hanya satu ekor yang bisa menang, bukan? Cara mengakalinya : Buat 2 memory car. Save sehari sebelum festival kemudian pindahkan semua hewan dari jenis yang akan dilombakan, misalnya kuda kecuali satu ekor yang ingin dilombakan – ke game lain. Setelah menang, tukarkan hewan yang menang ke game yang tidak digunakan dan kembali ke sehari sebelum festival lagi. Ulangi langkah tadi sampai semua hewan menang dan kamu tinggal memindahkan kembali hewan-hewan yang menghasilkan produk kualitas Gold ke permainanmu semula.

Jembatan Rusak

Pada tahun ke-10, ada event amburknya jembatan. Kalau kamu berdiri di tengah jembatan sampai lama sekalli (sampai tiduran), kamu akan mengalaminya. Setelah sadarkan diri, Harris, istri dan anakmu ada disampingmu, mencemaskanmu. Beberapa hari kemudian Gotz memintamu membantu memperbaiki jembatan dengan upah 1000G per hari (5 hari) plus kayu sekitar 200 potong.

Susu Coklat

(Belum dikonfirmasi) Menikah dengan Karen sebelum tahun ketiga dan punya anak sbelum tahun ke-4. Kemudian ambil coklat yang kamu peroleh saat Thanksgiving dan campurkan dalam makanan sapi. Sapi-sapi akan menghasilkan susu coklat yang laku dijual seharga 2000G.

Memancing Terus

Kadang ada festival di dekat perairan, misalnya kembang api, lomba renang, dooking pot, dll. Setelah festival usai dan sudah malam, jangan pulang tapi pergilah memancing. Waktu tidak akan berjalan sehingga kamu bisa memancing sepuas-puasnya.

Batu Kecil

Ingat batu kecil yang kamu hancur-hancurkan di awal game Harvest Moon? Kalau kamu ingin main dari awal lagi, coba gunakan batu itu untuk membuat pagar. Bakalan awet.*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s